03/09/24

Tips Bertransaksi Tetap Aman Bagi Konsumen Dengan Menggunakan Mesin EDC



Kejahatan bisa terjadi tanpa  kapan tahu terjadi dimana dan bisa menimpa siapa saja. Oleh karena itulah anda perlu juga untuk melindungi diri sendiri agar bisa terhindar dari tindak kejahatan yang bisa saja terjadi ketika kita lengah. Contohnya saja ketika lengah saat menggunakan layanan dari mesin EDC untuk melakukan pembayaran. Pembayaran menggunakan mesin EDC memberikan keuntungan karena bisa lebih praktis karena tidak perlu untuk membawa uang tunai. 

Akan tetapi ketika lengah maka bisa menjadi korban yang bisa mengakibatkan kerugian. Oleh karena itulah, bagi yang menggunakan mesin EDC ketika melakukan transaksi maka bisa untuk menggunakannya dengan aman. gunakan tips aman sehingga ketika melakukan transaksi menggunakan mesin EDC akan aman dan terhindar dari tindak kejahatan yang dapat terjadi seperti pencurian data, penggunaan untuk transaksi yang tidak anda lakukan dan juga hal lainnya yang membuat kerugian. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan transaksi dengan aman di mesin EDC bagi konsumen adalah:


Menjaga Kerahasiaan dari PIN yang dipunyai

Langkah aman pertama yang bisa dilakukan adalah menjaga kerahasiaan dari PIN. Pembayaran menggunakan mesin EDC membutuhkan PIN yang dimiliki, dimana PIN tersebut juga yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi di ATM yang dibutuhkan. Jangan sampai PIN tersebut tersebar dan diberikan kepada orang lain. PIN merupakan informasi yang sifatnya pribadi, jadi amat penting untuk dijaga kerahasiaannya.

Ketika melakukan transaksi di kasir, pastikan untuk menutup angka yang akan ditekan dan jangan memberikan PIN tersebut ke orang lain termasuk kasir. Ketika menyelesaikan transaksi menggunakan kartu di mesin EDC, kasir tidak akan meminta PIN tetapi memberikan kesempatan pemilik kartu untuk memasukkan PIN secara mandiri.


Mengganti PIN secara rutin

Tips aman selanjutnya yang bisa digunakan untuk membayar menggunakan mesin EDC adalah dengan mengganti PIN secara rutin. Sama seperti informasi pribadi lainnya yang dimiliki di bank, disarankan untuk menggatinya secara berkala sehingga bisa mencegah ketika akan dimanfaatkan oleh pihak lain.

Sebaiknya ganti PIN yang dimiliki setidaknya 6 bulan sekali dengan PIN yang baru. Kalau kamu adalah seorang pelupa, maka jangan lupa untuk menulis PIN yang baru di tempat aman. Jika PIN tersebut sering digunakan, ada baiknya kamu menghapalnya saja.


Jangan memberikan kartu kepada orang lain

Selain tidak memberikan informasi PIN secara sembarangan pada pihak manapun, penting juga untuk tidak memberikan kartu kepada orang lain. Terutama ketika pembayaran sekarang ini juga memungkinkan untuk pembayaran tanpa menggunakan PIN yang memberikan manfaat bisa membuat pembayaran menjadi lebih cepat, tingga tap kartu yang dimiliki saja. Di sisi lain, hal ini juga memiliki risiko yang lebih besar. Oleh karena itulah, untuk menghindari hal ini jangan memberikan kartu yang dimiliki pada orang lain. 


Pastikan menerima kartu kembali dari kasir

Tips untuk menjamin keamanan yang terakhir dapat dengan memastikan bmenerima kebali kartunya dari kasir. Setelah itu pastikan lagi angka yang dibayarkan adalah nominal belanja yang dilakukan, maka transaksi akan diselesaikan oleh kasir. Tunggu sampai transaksi selesai dan bisa menerima struk pembayaran serta kartu kredit/debit. Jangan sampai lupa untuk menerima kembali kartu setelah menggunakannya di merchant yang menerima pembayaran dengan mesin EDC.


Gunakan tips keamanan seperti di atas untuk menjaga transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC tetap aman. Merchant bisa menyediakan mesin EDC untuk pembayaran berdasarkan jenis mesin yang dipilih. Merchant BCA mempunyai pilihan dengan jenis mesin EDC BCA dan juga mesin EDC APOS BCA yang bisa diajukan secara online untuk membantu menyediakan alternatif pembayaran terkini untuk konsumen.

 


0 comments:

Posting Komentar