20/09/24

Upaya Sinar Mas Land dalam mengembangkan Green Initiative BSD City

 

Tiap kali menonton drama korea, aku selalu salfok dengan adegan pemilahan sampah di setiap rumah. Rasanya ya keren aja, melihat proses pemilahan sampah mulai dari skala terkecil seperti itu. Jujur, aku juga berharap hal serupa bisa dilakukan di Indonesia supaya sampah tidak lagi jadi momok menakutkan buat bangsa kita. kabar baiknya, Green Habit seperti itu sudah ada di BSD City loh. Mau tau lebih jauh soal ini? Baca tulisan ini sampai selesai yaa.


Yup, aku juga baru tau kalau BSD City makin ke sini makin menunjukan eksistensi nya dalam menjadi Kota Hijau di Indonesia. Sedikit cerita, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk ikut hadir dalam acara Digital Creator Gathering bersama Sinarmas Land di BSD City. Sesaat setelah menginjakkan kaki di BSD City aku pun langsung terkagum-kagum dengan suasana asri di sana. Meski lokasi nya berdekatan dengan Jakarta, nyatanya BSD City bisa memberikan suasana yang jauh berbeda. 



Awalnya aku pikir suasana asri tersebut didapat hanya dari banyak nya pepohonan yang ada di sana saja, tapi ternyata Sinarmas land melakukan lebih banyak hal untuk membuat BSD City menjadi pendukung Green Living in Indonesia. Di acara Digital Creator 2024 lalu itu dijelaskan kalau penanaman pohon hanya satu dari sekian banyak hal yang dilakukan di BSD City. 


Lokasi diselenggarakan nya acara Digital Creator 2024, Marketing Office BSD City, juga menjadi salah satu bentuk kepedulian Sinarmas Land terhadap lingkungan. For your information, di atas atap Marketing Office BSD City ini sudah menggunakan solar panel project yang lebih ramah lingkungan dan bisa menghemat penggunaan energi listrik. Kerennya lagi, solar panel project ini pun diterapkan pada beberapa gedung lain di BSD City, diantaranya adalah Sinarmas Land Plaza BSD City, My Republic Plaza, Green Office Park 9, Qbig BSD City, dan Customer Care Office. 



tak hanya itu saja, dalam acara tersebut juga dipaparkan kalau Sinarmas land juga menerapkan konsep Green Building pada beberapa bangunan yang ada di BSD City dan Jakarta. Konsep tersebut bahkan sudah tersertifikasi juga loh. Konsep Green Building bisa dikatakan sebagai konsep pembangunan gedung yang didesain lebih ramah lingkungan, baik dari segi penggunaan energi dan air namun tetap mempertahankan nilai estetika nya.  Kebanyakan dari gedung dengan konsep green building ini memiliki pasokan cahaya dan sirkulasi udara yang baik, sehingga meminimalisir penggunaan lampu dan pendingin udara.  


Hal yang paling aku suka dari semua itu adalah soal penerapan Green habit yang begitu gencar dikampanyekan oleh Sinarmas Land di BSD City. Sinarmas Land terus mengajak para penghuni nya untuk menerapkan green habit dalam kehidupan sehari-harinya. Nggak sekedar mengajak saja, tapi Sinarmas Land juga memfasilitasi nya semaksimal mungkin. 


Contohnya soal pemilahan sampah dari rumah seperti yang ada di drakor-drakor, Sinarmas Land sebagai pengembang telah bekerja sama dengan pihak terkait dalam mengelola sampah yang bisa didaur ulang. Tak tanggung-tanggung, kerja sama tersebut bahkan telah ditandatangani hingga 15 tahun ke depan. Artinya, komitmen pemilahan dan daur ulang sampah ini akan terus diupayakan di lingkungan BSD City.


Tak sampai di situ saja, demi mendapatkan udara yang lebih bersih, Sinarmas Land menyediakan berbagai transportasi umum yang nyaman. Ini dilakukan agar para penghuni nya bisa mulai beralih menggunakan transportasi umum alih-alih kendaraan pribadi nya. Bener-bener Smart City in Indonesia banget deh pokoknya mah. Hayooo kamu juga udah pengen pindah ke BSD City juga kah? 

 


0 comments:

Posting Komentar