07/09/24

Wedding Batak Exhibition 2024, Pameran Pernikahan Batak Pertama di Indonesia

 


Orang batak harus menikah dengan orang batak juga, begitu kalimat yang pernah aku dengar dari salah satu series komedi romantis yang aku tonton belakangan ini. Dalam series tersebut diceritakan bagaimana kegalauan sang tokoh utama yang dipaksa menikah dengan sesama orang batak. Tak hanya itu saja, di series tersebut pun digambarkan bagaimana ‘keras’nya orang batak dalam menjaga adat istiadat serta patriakisme di kehidupan sehari-harinya. 


Jujur, saat menonton series itu, yang ada dipikiran ku cuma satu, kok kayaknya jadi orang batak tuh ribet banget ya. Tapi kira-kira benarkah demikian? atau malah sebaliknya justru adat istiadat yang mereka junjung itu lah yang membimbing mereka  ke kebaikan? Penasaran akan hal ini, aku pun begitu semangat ketika berkesempatan untuk datang langsung ke Wedding Batak Exhibition 2024. Yup, meski bukan orang batak, aku benar-benar ingin tau lebih jauh soal adat istiadat batak, terutama soal pernikahan yang katanya ribet itu.





For your information, Wedding Batak Exhibition 2024 adalah pameran pernikahan batak pertama di Indonesia. Acara yang berlangsung pada tanggal 7-8 September 2024 ini sengaja dihelat untuk mempromosikan  kekayaan budaya batak pada masyarakat luas, terutama kalangan pemuda. 


Gampangnya, pameran ini bisa jadi ajang pertemuan antara vendor pernikahan batak dan nasional dengan calon mempelai. Hampir 100 tenant yang berkaitan dengan budaya batak terutama pernikahan batak ikut meramaikan acara ini. Mulai dari wedding organizer yang bisa mengakomdir jalannya pernikahan adat batak, catering dengan masakan khas batak, fotografer, sampai pernak-pernik yang bisa melengkapi acara resepsi pernikahan batak. 





Tak hanya pameran saja, di acara ini juga ditampilkan beragam hiburan menarik yang sekaligus memberikan ruang bagi talenta muda untuk menampilkan ketrampilan dan kreativitas mereka dalam fashion, musik, dan tarian tradisional batak. hiburan tersebut dikemas dalam acara menarik seperti fashion show, talkshow, konser musik, dan kompetisi make-up artist (MUA).


Asyiknya, di acara ini kita juga bisa icip-icip langsung menu catering masakan khas Batak di beberapa booth tenant catering yang berpartisipasi. Hampir semua tenant di Wedding Batak Exhibition 2024 ini juga menawarkan berbagai promo dan diskon yang pastinya bisa bikin pernikahan adat batak mu jadi lebih low budget. 


Buatku pribadi yang bukan orang batak, Wedding Batak Exhibition 2024 ini bisa dikatakan sebagai tempat aku belajar berbagai hal tentang batak. Bahkan aku baru tau loh kalau Batak punya 5 sub-suku ya di acara ini. Bagaimana tidak? di acara ini aku diperkenalkan langsung dengan 5 sub-suku batak tersebut melalui pagelaran tari dengan baju pengantin dari 5 sub-suku batak itu. 



Wedding Exhibition 2024 memang menampilkan lima budaya batak utama, Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing. Tak heran sih, karena kan acara ini memang bertujuan untuk memperkenalkan tradisi pernikahan batak yang unik dan beragam.

Batak untuk Indonesia yang menjadi tagline acara ini bisa dikatakan ikut mempertegas kalau budaya batak dengan segala tradisi, adat, dan nilai-nilainya berkontribusi dalam memperkaya keragaman budaya Indonesia. Pokoknya acara seperti ini wajib viral deh, biar makin banyak pemuda-pemudi Indonesia, terutama mereka yang berasal dari Batak, lebih mengenal lagi unik dan beragam nya budaya batak. 


Sayangnya acara Wedding Batak Exhibition 2024 ini cuma berlangsung selama 2 hari saja, di tanggal 7 dan 8 September 2024. Aku sih berharap acara ini bisa berlangsung lebih lama dan diadakan juga di kota-kota lainnya, supaya orang batak yang ada di kota lain juga bisa ikut merasakan keseruan Wedding Batak Exhibition ini. Jadi, buat kalian yang besok punya waktu, mending buruan ke SMESCO Convention Hall buat datang ke Wedding Batak Exhibition 2024 ini yaa.  


This entry was posted in

0 comments:

Posting Komentar